MENU

Admin

15 Nov 2021

186 x dilihat

Berita

Pemeriksaan Pap Smear Gratis dalam Rangka Memperingati Intenational Pathology Day 2021

Patologi Anatomik merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk menegakkan diagnosis dari suatu penyakit, melalui pemeriksaan jaringan/sel dari tindakan biopsi/operasi secara makroskopik dan mikroskopik.

Memperingati International Pathology Day pada 15 November 2021, RSUD dr. Rasidin Padang didukung oleh Dokter Spesialis Patologi Anatomik akan melakukan beberapa rangkaian kegiatan salah satunya yaitu Pap Smear Gratis.

Pap smear merupakan pemeriksaan yang bertujuan untuk mendeteksi adanya kanker leher rahim (serviks) pada wanita.

Berdasarkan website Indonesia Cancer Care Community (ICCC), di Indonesia kanker serviks menduduki peringkat kedua kanker yang paling banyak diderita setelah kanker payudara. Oleh sebab itu, penting bagi wanita untuk menjalani pemeriksaan pap smear secara berkala.

Dengan melakukan pemeriksaan pap smear atau pap test secara rutin, kondisi leher rahim dapat dipantau dan kanker serviks dapat terdeteksi secara dini. Dokter juga dapat memperkirakan sejauh mana risiko terjadinya kanker melalui hasil pemeriksaan pap smear.

Kegiatan dilakukan di RSUD dr Rasidin Padang pada tanggal 15-16 November 2021. Direktur RSUD dr Rasidin Padang, dr. Herlin Sridiani, M.Kes memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Pap Smear ini. "Semoga dengan diadakannya Pap Smear gratis ini, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya wanita untuk deteksi dini kanker serviks" Ujarnya.

 

Bagikan :